oleh

Warga Keluhkan Kondisi Air Sungai Desa Ciharashas Yang Keruh dan Berwarna Putih

BANDUNG BARAT | HK JABAR – Warga Sukamanah Desa Ciharashas, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat kembali keluhkan kondisi sakiran air sungai yang menjadi keruh dan berwarna putih.

Hal ini terjadi diduga dampak dari proyek Kerta Api Cepat Indonesia Cina( KCIC) yang memproduksi semen disekitar wilayah tersebut, dan limbahnya mengalir kealiran sungai warga.

Menurut Ika warga Sukamanah Desa Ciharashas kepada wartawan harian kriminal mengatakan biasanya kondisi air dua hari keruh lalu jernih lagi.

“Sekarang sudah hampir seminggu airnya keruh terus dan ikan yang di kolam pada mati, jadi kalau air di alirkan ke sawah kalau kering sawahnya seperti semen berwarna putih,” ucapnya, Selasa (03/11/2020).

Senada di keluhkan Pahel , yang tidak bisa menggunakan air dari sungai untuk menyiram kebun sayurannya karena air keruh dan berwarna putih.

“ Kalau kami paksakan untuk menyiram kebun, dengan kondisi air sungai yang keruh dan berwarna putih hasilnya sayuran menjadi jelek tidak sehat untuk di konsumsi,” ungkapnya

Kurnia Sekdes Desa Ciharashas saat di konfirmasi awak media membenarkan adanya air keruh dan keluhan warga.

“Kami pernah menyampaikan keluhan warga perihal aliran sungai yang tercemar ke pihak perusahaan dari tahun 2019 sampai sekarang belum ada tanggapan. Semoga pemerintah memperhatikan permasalahan ini,” ucapnya.

(Rudiana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed