oleh

Tiada Libur, Satgas Karhutla Polda Kalteng Patroli Daerah Rawan

PALANGKA RAYA (HK) – Menjadi salah satu program prioritas Polda Kalteng pada 2021, tim gabungan Satgas Karhutla terus melakukan patroli ke titik daerah rawan terjadinya pembakaran hutan dan lahan di Kota Palangka Raya, Minggu (2/5/2021).

Tim satgas yang terdiri dari Satbrimob, Ditsamapta dan Ditlantas bergerak menyusuri setiap wilayah yang sering menjadi obyek pembakaran hutan dan lahan berdasarkan peta kerawanan. Menggunakan armada lengkap seperti truk pengangkut tandon air, water canon beserta peralatan pemadaman, personel berupaya mencegah terjadinya bencana kabut asap akibat karhutla.

Kapolda Irjen Pol Dedi Prasetyo, melalui Kabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro, patroli karhutla dilakukan setiap hari oleh tim satgas karhutla. Dimana sebelumnya Kapolda telah menetapkan ratusan personel ikut tergabung dalam satgas karhutla.

“Memasuki musim kemarau yang kini sudah berlangsung, kapolda menekankan personel untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana karhutla. Sehingga tim dibentuk untuk melakukan patroli rutin ke titik rawan karhutla,” katanya, Minggu (2/5/2021).

Ia menyebutkan, hal ini turut berlaku untuk seluruh polres jajaran dalam mengantisipasi dan mencegah terjadi karhutla di Kalimantan Tengah. Dalam mencegah karhutla, Polda Kalteng bekerjasama dengan Manggala Agni, BPBD Kalteng dan instansi terkait.

“selain upaya pencegahan dan antisipasi di lapangan, tentunya penegakkan hukum juga kita lakukan oleh penyidik DItreskrimsus Polda Kalteng. Sehingga kita turut mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan yang dapat beresiko terhadap Kesehatan, ekonomi dan ancaman pidana.
Pungkasnya.

 

Peliput : Abd.hlm-dkk

Admin : Maradotang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed