oleh

Resmikan Gedung Bagas Godang Dan Lantik FPPAB, Bupati Madina : Lahan 4 Hektar Pembangunan Bagas Godang Hasil Dari Penjualan Kayu

Keterangan foto : Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan Nasution mendampingi Ustadz Abdul Bais Nasution ketika melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya pemakaian bagas godang Pemkab Madina di jalinsum Saba Purba kecamatan Panyabungan, Kamis (24/09/2020).(Lubis)
Madina (HK) – Bupati Mamdailing Natal (Madina), Drs H Dahlan Hasan Nasution melantik pengurus Forum Pelestarian dan Pengembangan Adat Budaya (FPPAB) Kabupaten Madina periode 2020-2025 dihalaman Bagas godang Pemkab Madina, Kamis (24/09/2020) di Jalan lintas sumatera Saba Purba Kecamatan Panyabungan.

Pantauan HarianKriminal, sembari melakukan Pelantikan pengurus Forum Pelestarian dan Pengembangan Adat Budaya (FPPAB) Kabupaten Madina periode 2020 – 2025, Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan Nasution juga melakukan peresmian pemakaian gedung utama bagas godang Pemkab Madina untuk fasilitas umum.

Selain Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan Nasution, acara pelantikan pengurus FPPAB periode 2020-2025 dan peresmian pemakaian gedung bagas godang pemkab Madina ini juga dihadiri oleh para raja-raja adat Madina, Forkopimda, Alim ulama, kepala OPD Madina dan para undangan.
Kepala Kadis Pendidikan Madina, Drs H Gong Matua Nasution selaku panitia acara dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar dilaksanakannya acara pelantikan pengurus FPPAB Madina dan Peresmian gedung bagas godang Pemkab Madina ini sesuai dengan SK Bupati Nomor : 430/0591/K/2020 tanggal 11 September 2020 tentang struktural pengurus FPPAB Madina periode 2020-2025 dan keputusan Bupsti Madina nomor : 360/0592/K/2020 tentang penetapan bagas godang pemkab Madina sebagai tempat karantina dan isolasi terkait oontak erat dan orang tanpa gejala yang terkonfirmasi korona.
Sebelumnya lanjut beliau, seperti hal yang biasa mengenai yang berhubungan dengan pelantikan adat dan budaya yang identik dengan raja-raja serta bagas godang, dimana harus mengundang seluruh raja-raja yang ada di Tabagsel dengan acara gordang sambilan serta pemotongan kerbau, karena kondisi saat ini adanya wabah Coronavirus (Covid-19), maka acara adat tersebut akan dilaksanakan nanti apabila kondisi Kabupaten Madina telah normal kembali dari pandemi Covid-19 ini.
Kemudian sambungnya, acara pelantikan pengurus FPPAB Madina periode 2020-2025 dan peresmian gedung bagas godang pemkab Madina ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, serta membatasi para undangan yang hadir, dimana sesuai undangan sebanyak kurang lebih hanya 100 orang undangan.
Dan imbuhnya, sesuai jadwal acara, setelah dilakukan pelantikan pengurus FPPAB periode 2020-2025, maka akan dilanjutkan dengan acara pengguntingan pita tanda diresmikannya gedung bagas godang Pemkab Madina untuk umum.
Ketua FPPAB Madina periode 2020-2025 terpilih, Hasanul Arifin gelar Patuan Mandailing dalam sambutannya usai dilantik menyatakan ucapan terimakasihnya kepada Pemkab Madina dalam hal ini Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan Nasution.
“kita dari FPPAB Madina juga berharap agar pemkab Madina terus membimbing serta membantu FPPAB Madina dalam menjalankan tugasnya sebagai mitra pemerintah dibidang pengembangan adat dan budaya”.sebutnya
Sementara itu Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan Nasution dalam pidatonya menyampaikan dalam suasana cobaan yang maha berat kita meresmikan dan pelantikan FPPAB Madina. Kita juga memohon dengan berdoa kepada Allah SWT agar pandemi Covid-19 ini segera diangkat dari Bumi Gordang sambilan ini.
Dan, bukan untuk berbuat riya, seperti yang sama-sama kita ketahui luas 4 hektar lahan tempat dibangunnya Gedung bagas godang ini dananya di kumpulkan selama kurang lebih 2 tahun yang peroleh dari penjualan kerajinan kayu yang saya olah dan jual, tanpa adanya dana dari pemerintahan Madina”.terangnya
Maka dari itu saya berharap agar, bangunan bagas godang ini nantinya benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan adat dan budaya serta masyarakat Madina. Dan sementara ini, seperti yang telah kita dengar bersama dari laporan panitia. Gedung bagas godang ini sementara akan dipergunakan untuk gedung pengisolasian warga yang terindikasi positif Covid-19, selain juga dibuat sebagai kantor FPPAB Madina.
“Semoga saja bangunan bagas godang ini nantinya dapat menjadi pemersatu adat dan budaya yang ada di Kabupaten Madina. Dimana, di Kabupaten Madina ini memiliki banyak adat, budaya dan suku. Seperti suku Mandailing, Minang, Nias dan Jawa”.pungkasnya
Begitu juga dengan pengurus FPPAB yang baru dilantik agar dapat bekerja dengan baik, sesuai dengan tufoksi dan bidangnya masing-masing. Dan untuk Dinas PUPR Madina saya minta untuk tahun 2021 agar membangunkan mesjid dan mengaspal jalan di lingkungan gedung bagas godang ini.
“untuk terakhir saya mengucapkan selamat bertugas kepada para pengurus FPPAB Madina yang baru dilantik dan semoga gedung bagas godang yang kita bangun ini, selain untuk pemersatu adat dan budaya, juga dapat dipergunakan dengan baik dalam pengisolasian guna penyembuhan warga yang terindikasi Covid-19”.tandasnya. (Lubis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed