oleh

Pekerjaan Proyek TPT Kegiatan Dinas PUPR Kabupaten Karawang Diduga Asal – Asalan

KARAWANG // JABAR – Proyek pembuatan pembangunan turap penahan tanah (TPT) Desa Sumurgede – Manggungjaya tepatnya di wilayah pesawahan Dusun Cigobang Kecamatan Cilamaya Kulon , Kabupaten Karawang, diduga bermasalah.

Pasalnya pekerjaan yang dilakukan oleh pihak rekanan tersebut dilakukan dengan asal – asalan.

Salah satunya seperti pasangan batu awal sebagai pondasi tidak dilakukan penggalian, batu hanya ditancapkan ketanah sawah. Hal itu disampaikan LPM Desa Manggungjaya, Sulaeman kepada media ini dilokasi pekerjaan.

“Tidak ada penggalian, batu hanya ditancapkan ketanah. Hasilnya akan berdampak pada tidak sesuai dengan spek pembangunan,” ungkapnya, Selasa (10/11/2020).

“Kalau pemasangan TPT harus digali terlebih dahulu, pemasangan batu harus dengan penyemenan dan pasirnya yang bagus, kalau tidak bagus TPTnya akan ambrol atau amblas, ini malah menggunakan pasir batu/abu batu”, tambahnya.

Selain itu, dilokasi pekerjaan tidak ditemukan papan informasi proyek yang seharusnya dipasang karena itu kewajiban pihak pemborong agar masyarakat dapat mengetahui kegiatan pekerjaan tersebut.

“Tidak jelas, besar anggaran berapa, yang mengerjakan CV apa. Tidak transparan, terkesan ditutup-tutupi, pengawas sepertinya diam aja melihat kondisi seperti itu,” ujar Sule.

Yang lebih parahnya, para pekerja proyek tersebut sampai tidak tahu pengawas dari Dinas PUPR Karawang nya siapa.

“Pekerja Amar sama Mandor Odon, ditanya siapa pengawasnya tidak tahu. Papan proyek juga tidak tahu, karena belum ada. Itu yang disampaikan mereka kepada saya,” jelas Sule.

Proyek dengan anggaran pemerintah daerah melalui Dinas PUPR Kabupaten Karawang, diharapkan dalam pelaksanaan agar transparan serta sebaik mungkin dalam menggunakan anggaran tersebut, dan sesuai dengan RAB agar hasil maksimal. Dan bila pihak pemborong nakal dalam pekerjaan, pihak dinas harus bertindak tegas.

(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed