LSM Kompak Purwakarta Minta Mini Market Nakal Ditindak Tegas

oleh

 

PURWAKARTA, (HK) – Peraturan daerah (Perda) Kabupaten Purwakarta Nomor 14/2012 Pasal 21 ayat 2 yang mengatur tentang jam operasional mini market dimulai pukul 08:00 sampai dengan pukul 22:00 Wib diduga mandul.

Pasalnya, dilapangan masih banyak ditemukan mini market Indomart dan Alfamart yang memulai waktu buka operasionalnya dibawah jam 08:00, dan tutup melebihi pukul 22:00 Wib, bahkan masih ada yang buka sampai 24 jam.

Contohnya, Alfamart Jl.Kolonel Rahmat Kampung Ciomas, Desa Warungkadu, Kecamatan Pasawahan, mini market tersebut buka lebih pagi sebelum pukul 08:00 Wib. Ketika dikonfirmasi, Unayah salah satu karyawan Alfamart tersebut mengiakan, jika toko tempatnya bekerja buka sekitar pukul 06:30 Wib. Dan itu Ia lakukan atas instruksi pimpinan.

“Kalau kami anak-anak toko sebagai karyawan, ngikut apa yang diperintah atasan. Pimpinan, mengharuskan toko jangan buka diatas jam 7, ya kita lakukan,” ungkapnya, Senin (4/11).

Kondisi ini membuat LSM Kompak Purwakarta, Aa Bery Sugianto, mempertanyakan ketegasan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, khususnya Satpol PP selaku penegak Perda.

“Ini ada apa kok Satpol PP sepertinya diam aja, itu mini market nakal melawan Perda kenapa tidak ditindak, apa tidak tahu atau sengaja tutup mata dan telinga,” ungkap Aa Berry Sugianto.

Berry menambahkan, dalam Pasal 72 dikatakan, setiap orang atau badan yang melangar ketentuan Pasal 21
dapat dikenakan sanksi administrasi berupa :

1. teguran tertulis
2. pembekuan izin
3. pencabutan izin, dan/atau
4. pembatalan izin.

“Sebaiknya Instansi/Dinas yang berkaitan dengan permasalahan ini untuk segera menindak tegas mini market nakal, agar tertib mengikuti aturan-aturan yang sudah ditentukan,” pungkas Berry. (Red)

Baca Berita Terbaru
PALUTA, (HK) -Terkait dugaan keterangan palsu yang dilakukan pelapor LMH warga Desa Sialang Kecamatan Padang
Bengkslis, (HK) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bengkalis tahun 2019 telah melaksanakan