oleh

Kontestan Calon Kepala Desa di Wuwur Kecamatan Gabus Akhirnya Ditetapkan Hanya 3 Orang

PATI (HK) – Bertempat di Balai desa Wuwur kecamatan Gabus kabupaten Pati Jawa Tengah pada hari Senin kemarin (15/03/2021) telah dilaksanakan salah satu tahapan lagi dalam prosesi pemilihan kepala desa yaitu berupa penentuan nomor urut para kandidat kepala desa Wuwur.

Acara tersebut dihadiri oleh pihak muspika kecamatan Gabus yaitu Kapolsek Gabus AKP Mulyono, SH, Danramil Gabus Kapt.inf. Urip Widodo sedangkan Camat Gabus diwakili oleh Sekcam Eko Muji Santoso, SIP, Camat berhalangan hadir karena harus mendampingi kegiatan Bupati Pati di desa Banjarsari berupa pembagian benih kepada para petani. Bertindak selaku tuan rumah adalah Kades Wuwur yaitu Edi Sucipto, SH.

Ketua Panitia Pilkades Wuwur H. Wardoyo dalam sambutan pembuka memberikan klarifikasi terkait rumor Uang Sumbangan yang sempat memanas yang ditayangkan oleh salah satu media di kabupaten Pati terkait uang sumbangan yang diduga dijadikan bancaan oleh pihak panitia pilkades Wuwur.

Wardoyo dalam kesempatan tersebut mengklarifikasi bahwa segala sesuatunya sudah melalui proses musyawarah untuk mufakat secara transparan serta semua bakal calon kades juga sudah menyetujuinya dengan menanda-tangani kesepakatan bersama.

Sedangkan angka nominal yang benar adalah untuk RAB Pilkades Wuwur sebesar Rp.182 juta bukan 243 juta seperti yang sudah diposting salah satu media di kabupaten Pati.

Dari 182 juta tersebut, pihak panitia memperoleh bantuan APBD kab. Pati sebesar Rp. 55 juta (sekali lagi bukan Rp. 56 juta), kemudian bantuan dari APBDes Wuwur sendiri sebesar Rp. 20 juta.

Dari jumlah tersebut Panitia masih kekurangan anggaran sebesar Rp. 107 juta.
Besaran Nominal tersebutpun telah disepakati bersama akan dibantu atau diusahakan dari pihak ke-tiga yang bukan berasal dari para balon kades (sesuai Perbup No. 88 thn 2020).

Sehingga dengan demikian polemik tentang dana sumbangan dari balon kades dianggap sudah selesai.

“Untuk bakal calon kepala desa wuwur sendiri yang semula 5 orang yaitu Agus Santoso, S.P, Bagus Budi Pranoto, Sugianto, Eka Wulandari dan Ira Kuswandani, Namun kemudian pada saat panitia menanyakan perihal kesanggupannya untuk tetap maju sebagai calon kades maka untuk Eka Wulandari dan Ira Kuswandani mengundurkan diri, sehingga praktis yang maju sebagai calon kades Wuwur akhirnya hanyab tersisa tiga orang saja,” ujar Wardoyo.

Pada saat penetapan kemudian diperoleh nomor urut Sugianto nomor urut 1, Bagus Budi Pranoto nomor urut 2 dan Agus Santoso, S.P menempati nomor urut 3. (bsa/tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed