oleh

Jelang Musim Tanam, Kades Kemiri Gelar Kalagumarang Bersama Warga

 

KARAWANG | HK JABAR – Kegiatan tahunan menjelang musim tanam tiba, Kepala Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang, menggelar kalagumarang bersama warga dan masyarakat petani.

Kegiatan dilakukan di areal saluran irigasi pesawahan. Puluhan warga dan jajaran Pemdes mengikuti kegiatan ini yang tujuannya agar areal pesawahan tidak bisa dimasuki tikus dan tanaman padi petani terhindar dari serangan hewan penggerat tersebut.

“Kegiatan hari ini dalam rangka kegiatan tahunan yang dilakukan oleh kami jajaran Pemdes Kemiri yang bekerjasama dengan masyarakat petani. Hal ini dilakukan dalam mengantisifasi gangguan hama tikus saat mulai musim tanam,” kata Kepala Desa Kemiri H.Salwani, Minggu (27/09/2020).

Menurutnya, Kalagumerang merupakan perburuan tikus disawah yang akan ditanami padi. Dan itu harus dilakukan oleh petani secara serentak dan bersama sama hingga bersih dari hama tikus.

“Dengan harapan, setelah dilakukan kegiatan Kalagumerang ini, hama tikus ini berkurang dan nantinya hasil panen petani bisa bertambah,” tegas Kades. (Boleng/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed