oleh

IJPB Lahir Dari Keinginan Jurnalis Karawang Untuk Mempersatukan Media

 

KARAWANG | HK JABAR –
Apa itu IJPB, hal tersebut mungkin akan muncul di benak sebagian insan media juga masyarakat yang masih asing dengan istilah tersebut.
Pertanyaan itu, muncul hanya karena belum tahu dan mengerti apa sebenarnya IJPB serta tujuan awal di dirikanya.
Maka dari itu, kami akan menjelaskan sedikit tentang sejarah singkat terbentuknya IJPB.

IJPB kepanjangan dari Ikatan Jurnalis Pantura Bersatu, adalah organisasi profesi wartawan yang berdiri di Kabupaten Karawang Indonesia. Berdirinya organisasi IJPB ini bertujuan untuk mempersatukan para Insan Pers agar lebih solid.

Kelahiran IJPB di tengah pandemi Covid-19 2020 dengan logo padi kapas melambangkan kemakmuran, kesejahteraan, kebersamaan dan kesatuan wartawan Indonesia dalam tekad dan semangat patriotiknya untuk membela kedaulatan, kehormatan serta integritas Bangsa dan Negara.

IJPB berdiri pada tanggal 1 Oktober 2020 di Karawang tepatnya di Kecamatan Banyusari. Sebelum didirikan, IJPB membentuk sebuah panitia persiapan pada awal-awal bulan September 2020.

Saat diadakannya pertemuan, dihadiri oleh beragam wartawan, diantaranya Irwanto (Pimpinan Redaksi Harian Kriminal Jabar). Nur Cahyo DH (Wartawan Trans Jabar). Asep Rohmatin ( Wartawan Media Bidik 86 ). Priyatna (Korwil Jabar Media Indo Shinju). Muhidin ( Kabiro Media Jaya Pos ). Ratna ( Kabiro Media Bidik Ekpres ). Andriyanto ( Media Info News ).

Pertemuan tersebut menghasilkan keputusan yakni :
a. Disetujui membentuk organisasi wartawan Indonesia dengan nama Ikatan Jurnalis Pantura Bersatu (IJPB) diketuai Nur Cahyo DH, dengan Sekretaris Priyatna, dan Bendahara Asep Rohmatin.

Begitulah sejarah singkat terbentuknya Ikatan Jurnalis Pantura bersatu (IJPB) yang tercipta karena semangat dan cita-cita para Jurnalis Karawang Indonesia, demi mempertahankan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penulis berharap, dengan membaca sejarah singkat ini, rekan media dan masyrakat akan lebih mengerti tentang IJPB.

Penulis : Irwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed