Gempal Minta BUPATI Agar Puskesmas dan Klinik Swasta Belum Memiliki IPAL Ditutup

oleh

PURWAKARTA | HK JABAR – Banyak Puskesmas yang ada di Kabupaten Purwakarta diduga belum memiliki Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

Padahal sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 75/2014 tentang Puskesmas, menyatakan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) wajib memiliki IPAL. Agar lingkungan terjaga dari limbah Puskesmas.

Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, saat dikonfirmasi. Staf sumber Daya Kesehatan (SDK) senin (17/2) membenarkan bahwa dari 20 Puskesmas yang ada di kabupaten Purwakarta, baru empat yang sudah memiliki IPAL, itupun termasuk Laboratorium Purwakarta Kota.

Puskesmas lainnya yang sudah ada IPAL adalah Puskesmas Sukatani, Darangdan dan Purwakarta Kita, ” Yang lainnya diduga belum mempunyai IPAL,” tegas Yandi.

Berita Terkait :  Renovasi Objek Wisata Legenda Sampuraga, Anggota DPRDSU Apreasiasi Bupati Madina

Tambah dia, yang mendesak harus ada IPAL hanya delapan Puskesmas dan mudah -mudahan tahun ini sudah bisa dibangun IPAL, untuk Puskesmas yang rawat inap atau Puskesmas yang melaksanakan dan tempat pelayanan (DTP) hanya ada delapan Puskesmas, tiga diantaranya sudah.

Ketua LSM Generasi Masyarakat Peduli Alam & Lingkungan Hidup (Gempal) Nurwali, Senin (17/2) merasa prihatin dengan masih banyaknya Puskssmas yang diduga belum memiliki IPAL.

Menurutnya, bila ada Puskesmas, Klinik atau Puskesmas yang tidak mengindahkan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 75/2014 tentang Puskesmas, maka ijin operasionalnya akan dicabut.

Karena Permendagri menyatakan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) wajib memiliki IPAL. Tujuannya “Agar lingkungan terjaga dari limbah Puskesmas,” tegas Nurwali.

Berita Terkait :  Satu Orang Warga Ditetapkan Sebagai PDP di Madina

Dia akan mengirim surat ke Bupati Hj. Anne Ratna Mustika, agar mementingkan kesehatan masyarakat, “Kalau IPAL saja belum diperhatikan oleh pemerintah, maka kepedulian bupati terhadap kesehatan masyarakat belum maksimal,” tegasnya.

Untuk sementara kata Nurwali, untuk Puskesmas dan klinik yang belum memiliki IPAL, sementara ditutup, sesuai dengan amanat Permenkes Nomor 75/2014.
(Asyah/Abery)

Baca Berita Terbaru
  KARAWANG | HK JABAR - Hari ini Iwan Ridwan Camat Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang,
  KARAWANG|HK JABAR - Juru bicara tim gugus tugas penanganan dan percepatan COVID-19.Di dampingi dari aparat