oleh

Dukung Ketahanan Pangan, Dandim 0212/TS Tabur Benih Ikan Ikan Mas di Kolam Binaan

PANYABUNGAN (HK) – Dalam upaya mendukung ketahanan pangan di wilayah teritorial Kodim 0212/TS, Dandim 0212/TS melaksanakan penaburan benih ikan mas di Kolam ikan kelompok tani Mekar Desa Hutalombang Lubis Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (17/03/2021).

Kelompok tani Mekar merupakan salah satu kelompok tani binaan Kodim 0212/TS diwilayah Kabupaten Mandailing Natal, dimana kegiatan pembinaan dilakukan oleh Kodim 0212/TS sebagai upaya untuk mendukung ketahanan Pangan di wilayah Kabupaten Mandailing Natal.

Dandim 0212/TS Letkol Inf Roy Chandra Sihombing di sela sela kegiatan penaburan benih ikan mengatakan, penaburan benih ikan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Mandailing Natal yang merupakan wilayah teritorial Kodim 0212/TS, sekaligus pemberdayaan potensi wilayah untuk membentuk prajurit dan masyarakat yang prosduktif, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah situasi pandemi Covid 19 sekarang ini.

“Saya berharap kepada kita semua bisa memanfaatkan potensi wilayah yang ada sehingga lahan-lahan yang awalnya tidak produktif dapat diubah menjadi lahan produktif seperti yang kita laksanakan hari ini,” ujar Dandim.

Perlu kita ketahui sekarang ini budidaya ikan mas masih menjadi ide bisnis yang memiliki peluang menguntungkan di Indonesia, cara pemeliharaannya yang tergolong mudah dan kompetisi bisnis di dalamnya yang tidak perlu ketat menjadi alasan kuat kenapa bisnis ini banyak dipilih oleh pengusaha pemula.

Ikan mas merupakan salah satu ikan air tawar yang komoditasnya paling banyak di Indonesia, selain itu harga jual ikan mas di pasaran juga lumayan lebih tinggi, Ikan mas rutin diperoduksi hingga ratusan ton per tahunnya, karena banyak permintaan pasar serta cara budidaya yang tergolong mudah.

“Dengan berbagai keunggulan tersebut bisnis ikan mas ini sangat layak untuk dijadikan sebagai pilihan ide bisnis, karena bisnis budidaya ikan mas bisa dilakukan oleh pengusaha awam sekalipun,” jelas Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan bahwa pandemi covid 19 ini sudah hampir memasuki satu tahun, dampak yang terjadi atau yang dapat kita rasakan baik dampak ekonomi maupun dampak kesehatan, dampak kesehatan sudah jelas ada yang sudah meninggal dunia ada yang masih dirawat dan ada yang sudah sembuh dan Alhamdulillah masih dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa, kita masih diberi kan kesehatan dan itu juga harus kita pertahankan terus dengan melaksanakan protokol kesehatan.

“Apa yang kita laksanakan hari ini diharapkan dapat mengatasi dampak ekonomi yang sangat terasa akibat pandemi Covid 19 sekarang ini. mudah-mudahan tahun ini dengan adanya peningkatan dalam usaha kecil Mandiri peningkatan dalam produksi produksi dalam negeri itu akan meningkatkan perekonomian. ketahanan pangan selalu ditekankan oleh Bapak Presiden supaya dilakukan oleh semua masyarakat di sekitar kita untuk bisa dilakukan baik melalui perikanan bisa melalui tanaman, bisa melalui kerajinan tangan dan lain sebagainya,” harap Dandim.

Hal ini Tujuannya adalah untuk meningkatkan ekonomi kita, sehingga kita bisa bertahan dalam posisi ini. memprakarsai atau kemampuan TNI-Polri dalam memberikan edukasi contoh kepada masyarakat Bagaimana kita bisa melaksanakan ketahanan pangan sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing seperti hal yang kita laksanakan hari ini.

“Wilayah Madina kita dengar wilayah yang subur, air mencukupi, sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal ini,” akhiri Dandim.

Sementara itu Bupati Mandailing Natal yang diwakili oleh Sekda Madina Gozali mengatakan mengapresiasi dan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Kodim 0212/TS melalui Babinsa dengan memperakarsai kelompok tani untuk membudidayakan ikan mas.

“Kebutuhan Ikan mas sekarang ini masih di impor dari luar Kabupaten Mandailing Natal, untuk itu apa yang dilakukan Kodim 0212/TS sangat bagus, diharapkan nantinya akan muncul kelompok kelompok perikanan lainnya sehingga dapat memenuhi kebutuhan ikan di Kabupaten Mandailing Natal ini, Penda Mandailing Natal siap mendukung dan mensuport untuk timbulnya pelaku bisnis ikan mas lainnya melalui kelompok kelompok perikanan di Kabupaten Mandailing Natal,” ujar Sekda.

Hadir dalam acara Kegiatan tersebut, Dandim 0212/TS Letkol Inf Roy Chandra Sihombing, Bupati Madina diwakili Sekda Madina Gozali, Pabung Madina Mayor Inf D. Sidabutar, Kadis Perikanan Madina Bakhrein Lubis, perwakilan Kajari Madina, Anggota Kelompok Tani Mekar, Kades Hutalombang Lubis dan sejumlah undangan lainnya.

Peliput : Maradotang

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed