oleh

DLH Ajak Warga Gotong-royong

PANYABUNGAN (HK) – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Mandailing Natal mengajak warga di Kelurahan dan Desa untuk dapat bersama-sama menggiatkan Gotong-royong, penempatan tempat Pembuangan Sampah (TPS) jauh dari pemukiman penduduk dan sedapat mungkin membungkus sampah yang akan dibuang agar tidak menimbulkan bau.

Hal tersebut diungkapkan Kadis Lingkungan Hidup Kasmir Spd. MM melalui Kabid Kebersihan Abdul Kholik saat selesai menggelar pertemuan mengatasi persoalan sampah di Kantor Camat Panyabungan Senin (23/6) siang.

” Beberapa hari yang lalu kita telah musyawarah dan mufakat terkait dengan pembersihan sampah di lingkungan kota Panyabungan yang melibatkan Muspika, Pemerintahan Desa, Kelurahan dan Masyarakat”, ungkap Abdul Kholik

Kholik menambahkan beberapa poin yang disepakati dalam pertemuan tersebut diantaranya agar TPS itu jauh dari pemukiman warga dan jauh dari jalan utama sehingga tidak tampak kumuh, ” kemudian sedapat mungkin samapah yang akan dibuang itu harus dibungkus plastik atau sejenis karung dan diletakkan didepan rumah atau ketempat yang kami sediakan agar petugas kebersihan dapat mengambilnya”, sebutnya.

Kholik mengakui bahwa persoalan mengatasi sampah saat ini di Kabupaten Mandailing Natal menjadi persoalan yang rumit dikarenakan kurangnya anggaran dan armada, ” namun kita masih dapat mengatasinya bersama jika kita bersedia mengatasinya bersama dengan bergotong royong dan meningkatkan kesadaran warga akan arti pentingnya lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman”,ungkapnya.

Selain itu dinas lingkungan hidup Juga mengajak seluruh masyarakat untuk berbuat dan ikut serta merasa bertanggung jawab dalam penangan dan mengurangi timbulan sampah, Salah satunya dengan metode membentuk Bank Bank Sampah di setiap desa dan kelurahan. (Maradotang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed