Ditangan Hasan, SDN Sumurgede I Alami Perubahan

oleh

Foto. Gerbang SDN Sumurgede I Cilamaya Kulon. 

KARAWANG, JAWA BARAT –

Iklan Lowongan Bergabung Jadi Penulis di hariankriminal.com

Menjadi kepala sekolah di kota besar tentu lebih mudah dibandingkan memimpin sekolah yang berada di pedesaan.

Apalagi, jika sekolah tersebut berada diperkampungan dan memiliki kondisi bangunan jauh dari layak.

Belum lagi ditambah persoalan kurangnya sumber daya manusia (SDM), masyarakat sekitar.

Kondisi memprihatinkan tersebut sempat dirasakan oleh SDN Sumurgede I Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang.

       Kepala SDN Sumurgede I, Hasan, S. Pd.

Namun siapa sangka, di tangan seorang kepala sekolah Hasan, S. Pd, dalam waktu dua tahun sekolah tersebut kini mengalami perubahan dibidang bangunan maupun prestasi.

“Keadaan awal saat saya menjabat sebagai kepala sekolah disini keadaan bangunan sekolah tidak seperti ini, banyak yang perlu diperbaiki, Alhamdulillah sekarang sudah ada pembangunan bantuan dari Pemda,” ungkap Hasan kepada media ini, Senin (20/05/2019) disekolah.

Dikatakan Hasan, sumber daya manusia sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Sementara, kemajuan sekolah tidak hanya menjadi tanggungjawab pihak sekokah saja, melainkan peran serta orang tua juga.

“Sekolah itu bila mengandalkan bantuan pemerintah saja, banyak kekurangan, maka perlu bantuan dari para orang tua siswa. Tapi, terkadang bila sekolah minta bantuan keorang tua siswa suka jadi persoalan dikemudian hari, itu karena SDM yang kurang mengerti,” jelas Hasan.

Lanjut Hasan, contoh seperti biaya kenaikan kelas VI yang sempat digunjingkan. Padahal, itu hasil musyawarah orang tua siswa dengan komite sekolah sudah menjadi kesepakatan, tapi ada saja orang yang mengatas namakan orang tua siswa berkoar diluar.

“Kalau memang orang tua siswa datang aja kesekolah, bila keberatan atas kesepakatan musyawarah itu. Kami pihak sekolah akan mempasilitasi ke komite, bila tidak mampu bayar akan kami gratiskan,” kata Hasan. (One/HK)