oleh

Diduga Pungli BST Pertanian Desa Sumurgede Lilbatkan Oknum Kadus, Salah Satu Rumah Warga Digerudug

Poto : ketua RT Edoy.

KARAWANG | HK JABAR – Dugaan pungutan liar (Pungli) program bantuan sosial tunai pertanian (BST Pertanian) tahun 2020 di Desa Sumurgede, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang ternyata bukan hanya dilakukan oleh oknum RT saja, bahkan dugaan itu mengarah kepada kepala dusun (Kadus) lima.

Hal ini terungkap setelah salah satu warga dusun lima selaku penerima manfaat BST Pertanian menginformasikan, diakuinya, untuk BST Pertanian tahap 1, 2, dan 3 sebesar 1,8 juta yang diambil dikantor desa setempat setelah pencairan diminta uang oleh Kadus Lima sebanyak 200 ribu. Sedangkan pencairan tahap ke 6 yang diambil dikantor Pos diminta juga 100 ribu oleh kepala dusun lima.

“Ya untuk tahap 1, 2, dan 3 dipinta 200 ribu oleh Kadus Kosasih. Dan pencairan tahap 6 diminta juga oleh Kadus Kosasi 100 ribu,” ungkap sumber Inisial SRH.

Bahkan dugaan Pungli BST Pertanian itu makin menguat, setelah media ini memberitakan persoalan tersebut. Lantaran, pasca terbitnya pemberitaan itu, para ketua RT, dan kepala dusun lima, secara bersama mendatangi salah satu rumah warga RT 003 selaku penerima manfaat program.

Menurut warga tersebut Alek, mengatakan , dirinya kedatangan RT Edoy, Inang, Jaja, dan Kadus Kosasih,
Tujuan mereka antara lain hendak mengembalikan semua uang hasil pungutan yang 200 ribu tersebut.

“Ya tadi mereka datang kerumah saya. Bilangnya mau mengembalikan uang hasil pungutan yang 200 ribu itu. Saya tolak, kalau mau dibalikin silahkan kemasing-masing orangnya,” kata Alek, Rabu (14/10/2020) sore.

Alek menambahkan, dirinya tidak tahu persis berapa jumlah penerima BST Pertanian yang dipungut. Namun, ketika ketua RT 003 ditanya ada berapa , dia menjawab sekitar 18 orang.

“Jumlah seluruhnya tidak tahu. Cuman untuk RT 003 ada 13 orang , itupun kata ketua RT nya,” jelas Alek. (Aep/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed