oleh

Diduga Ilegal, Yani Sponsor TKI Asal Lemahabang Terancam di Polisikan

SUBANG, (HK) –

Dalilah Binti H.Iskandar tenaga kerja Indonesia (TKI) warga Kabupaten Subang diduga korban sponsor ilegal bernama Yani asal Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Menurut Enok Juarsih, orang tua TKI, saat dikonfirmasi mengatakan, waktu itu anaknya (Dalilah.Red) berangkat keluar negeri melalui Sponsor bernama Yani warga Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang.

Namun, dia tidak mengetahui bila keberangkatan anaknya ke Negara Arab Saudi adalah ilegal.

“Karena menurut keterangan Sponsornya sendiri adalah resmi,” ungkap Enok, Sabtu (28/12).

Sementara TKI Dalilah sendiri mengungkapkan, Ia merasa dibohongi oleh Yani selaku Sponsor yang mengatakan proses pemberangkatannya itu resmi.

“Waktu itu saya dijemput oleh Riki Rojali dari rumah, sebelum diterbangkan terlebih dahulu dibawa ke Apartemen di Jakarta, selanjutnya sesudah di Saudi sering dipukul oleh majikan, sampai akhirnya saya memberanikan diri terjun dari rumah majikan, dan berhasil diselamatkan oleh petugas seperti pemadam kebakaran,” kata Dalilah.

Kemudian kata Dalilah, bukan hanya itu gajinya selama 2 bulan tidak dibayar, beruntung ibu nya meminta bantuan ke LSM FPMI, dannbisa pulang ke Indonesia pada tanggal 25 Desember 2019.

“Alhamdulillah saya bisa pulang ke Indonesia, setelah diurus oleh LSM FPMI Subang,” katanya.

Menanggapi hal ini ketua LSM Forum Perlindungan Migran Indonesia (FPMI) DPD Subang Wahyudin, saat ini khususnya di Kabupaten Subang sudah tidak terhitung berapa kasus Tindak Pidana Penjualan orang (TPPO) yang melibatkan oknum Sponsor dan oknum Perusahaan PJTKI. Ironis, hingga saat ini belum ada yang terjerat hukum.

“Dalam waktu dekat ini Ibu Enok Juasih dan Dalilah akan datangi Polres Subang dan Disnakertrans untuk membuat laporan,” jelasnya. (Wyd/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed