oleh

DD 2021 Prioritas BLT Terdampak Covid-19

DD 2021 Prioritas BLT Terdampak Covid-19

Purwakarta | Penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2021 ini lebih dititik beratkan terkait program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi warga yang masih dinyatakan terdampak Pandemi Covid-19.

Selebihnya muncul program mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan Subtainable Development Goals (SDGs).

Halnya di Wilayah Kabupaten Purwakarta Jabar, Dana Desa 2021 Tahap Pertama dikabarkan 40 persen sudah masuk di Rekening Desa Masing-masing.

Sehingga, program PPKM dan SDGs sudah mulai dilaksanakan di tiap desa di kecamatan masing-masing. Namun, untuk Program PKTD dan Uang BLT DD saat ini belum direalisasikan atau diberikan kepada haknya Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Seperti halnya Bimbingan Teknik (Bimtek) SDGs dilaksanakan di Kantor Balai Desa Sakambang Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta Rabu (28/4/21) dihadiri Camat Wanayasa Heryadi Erlan beserta Jajaran, Kades Sakambang Ucup Supyan dan Perangkat/Aparatur Desa dan Pendamping Desa (PD) diperkirakan yang hadir kurang dari seratus orang.

Camat Wanayasa Heryadi Erlan, S.STP saat dimintai keterangan awak media menyampaikan bahwa kami sudah menghadiri 6 desa terkait pelaksanaan Bimtek SDGs di Wilayah Kecamatan Wanayasa ini dan kebetulan hari ini dilaksanakan di Desa Sakambang,”,ujar Bah Erlan sapaan akrabnya.

Menurutnya, Program DD 2021 ini sesuai Peraturan Menteri Desa, dan PDTT bahwa muncul beberapa program yakni SDGs, PPKM, PKTD dan BLT DD. Sehingga, mulai bulan April ini 15 desa di wilayah Kecamatan Wanayasa sedang dan akan melakukan seluruh program tersebut,”ujar Bah Erlan.

Nah, untuk kegiatan Bimtek SDGs di Desa Sakambang ini, tiada lain untuk menyampaikan pembekalan terkait Program SDGs yang didalamnya ada 18 item yang harus disosialisasikan kepada warga masyarakat melalui Kelompok Kerja (Pokja) Desa dan Jajaran,”tambah Bah Erlan.

Sementara itu, Kades Sakambang Ucup Supyan menambahkan, hari ini kami sedang menyimak terkait Bimtek SDGs yang disampaikan Pendamping Desa (PD) Kecamatan Wanayasa. Semoga, dengan dilaksanakannya Bimtek SDGs ini, Jajaran Pokja dapat lebih memahami dan segera menjalankan program SDGs itu dan segera disosialisasikan kepada warga masyarakat disini,” pungkasnya. (Aj/Irwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed