oleh

Darul Mursyid Targetkan TA 2020 Prestasi Sains Meningkat Lagi

TAPSEL (HK) – Meskipun sekarang ini seluruh siswa PDM harus belajar di rumah akibat pandemi Covid 19, namun Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) yang beralamat di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki target untuk terus meningkatkan prestasi pendidikan. Demikian disampaikan Hendra Irwandi Siregar sebagai Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains Pesantren Darul Mursyid kepada hariankriminal.com, Rabu (06/05/2020).

“Mematuhi aturan pemerintah untuk belajar dirumah akibat dampak pandemi Covid-19, kita telah ambil langkah sigap untuk tetap bisa melakukan proses pembelajaran seperti sebelum pandemi ini. Maka dari itu PDM telah menerapkan program  pembelajaran e-learning semenjak 12 April 2020 kemarin dengan aplikasi Youtube,” ujar Hendra.

Hendra Irwandi Siregar juga mengatakan, Pandemi ini tidak menjadi penghalang bagi kami untuk tetap mencapai target peningkatan prestasi kami di tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kami akan  terus melakukan evaluasi dan membuat grafik pencapaian prestasi sains setiap tahunnya. Dari hasil data yang kami peroleh menunjukkan prestasi sains PDM konsisten dan bahkan mengalami peningkatan yang cukup memuaskan. 

 

Hendra  memaparkan, total medali secara keseluruhan pada tahun 2018 sebanyak 196 medali dan tahun 2019 menjadi 229 medali. Rinciannya, pada tahun 2018, PDM berhasil mengumpulkan 96 medali Emas dan pada tahun 2019 menjadi 112. Untuk medali Perak, tahun 2018 mengumpulkan sebanyak 62 medali dan tahun 2019 menjadi 70. Begitu juga medali Perunggu, pada tahun 2018 PDM berhasil mengumpulkan sebanyak 38 medali dan tahun 2019 menjadi 47.

 

Ia mengemukakan bahwa konsistensi dan peningkatan prestasi PDM juga bisa dilihat di berbagai event sains yang tatkala keluar sebagai juara umum, seperti halnya pada Olimpiade Sains Pra OSK (OSPO) yang diselenggarakan di Unimed tanggal 27 Januari 2019 lalu, PDM keluar sebagai Juara Umum I. Pada event Plus Science Competition (PSC) tingkat SLTA, PDM keluar sebagai Juara Umum I. Pada event Olimpiade Sains Indonesia (OSI) tingkat SLTA, PDM keluar sebagai Juara Umum I. Pada event Sumatera Science Competition (SSC) tingkat SLTP dan SLTA, PDM keluar sebagai Juara Umum I. Pada event Methodist-2 Education Expo (M2EE) tingkat SLTA, PDM keluar sebagai Juara Umum III. 

Lanjut Hendra lagi, di awal tahun 2020 ini PDM telah mengikuti beberapa event olimpiade sains yang hasil prestasinya cukup membanggakan, yaitu sebagai Juara Umum II tingkat MA dan MTs pada Olimpiade Sains Pra OSK (OSPO) yang diselengggarakan pada 2 Februari 2020  lalu di Gedung Serbaguna Unimed Medan, juara Umum I Pada Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten (KSN-K) Tahun 2020 yang digelar di SMAN 2 Plus Sipirok 10 Maret 2020 lalu. Begitu juga dengan event Olimpiade Sains Plus (OSP) dan olimpiade Mathematics Science Competition (MSC)  yang diselelenggarakan bulan februari kemarin PDM tetap peroleh prestasi yang gemilang.

“Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT atas karunia-Nya yang banyak bagi Darul Mursyid. Prestasi kami dari tahun ke tahun cukup memuaskan dan telah memberikan warna tersendiri bahwa kami yang terletak di lokasi pedesaan dengan basic pesantren, mampu bersaing dengan sekolah umum dan terbaik lainnya yang ada di Indonesia. Semoga tahun ini akan lebih baik, insya Allah,” pungkas Hendra.

 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Bidang Pendidikan PDM, Ahmad Suhaeli Pulungan menyampaikan, disetiap masalah pasti ada solusi, dan disetiap solusi pasti ada evaluasi. 

 

“Demikianlah  sistem yang kami berlakukan di PDM ini untuk mencapai target-target peningkatan prestasi siswa-siswi kami, Pandemi Covid-19 ini mengakibatkan seluruh siswa-siswi harus libur, kita adakan program e-learning. Dan kami akan berupaya memperbaiki segala lini kekurangan  dan penambahan fasilitas  untuk kelancaran dan keefektipan pembelajaran e-learning. Sudah pasti kita  ketahui bersama memperoleh prestasi bukan hal yang mudah namun mempertahankan dan meningkatkan  juga tidak kalah penting  dan harus kita targetkan,” Pungkas Suhaeli dengan tegas.

 

Pada kesempatan yang sama, Jafar Syahbuddin Ritonga, DBA yang juga sebagai Ketua Umum Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) ini mengungkapakn  rasa syukur dan target peningkatan prestasi PDM kedepannya.

 

“Kami sangat bersyukur dengan pencapaian prestasi yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Bukan hanya dari jumlah prestasinya tapi juga dilihat dari konsistensi prestasi PDM di berbagai event tahunan baik yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan juga beberapa event yang digagas oleh Perguruan Tinggi.

 

PDM akan terus mengikuti perkembangan teknologi, dan memenuhi fasilitas dari sistem pembelajaran  yang dibutuhkan internal PDM dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini. PDM bertekad untuk memperoleh lebih banyak lagi prestasi dan medali di skala tingkat nasional tahun ini. 

 

“Saya berharap semangat ini tidak pudar. Bahkan harus lebih membara untuk mewujudkan cita-cita PDM dalam menghasilkan calon intelektual muslim yang diharapkan dapat membangun kejayaan Islam di era modern masa depan,” pungkasnya dengan optimis.

 

Peliput : Maradotang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed