Buaya Muncul di Sungai Batang Natal Membuat Warga Setia Karya Resah

oleh

Madina, (HK) – Sejak kemunculan Buaya berjemur di muara Sungai Batang Natal, Warga Desa Setia Karya Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang tinggal di pinggir sungai menjadi resahkan.

Kepada media, Muhammad Ridwan warga Natal, Jum’at (1/11) mengungkapkan bahwa belakangan ini warga sering melihat keberadaan buaya tersebut di seberang sungai sambil berjemur dipinggiran sungai.

Keresahan tersebut hadir disebabkan Sungai Batang Natal sering di pakai warga untuk mandi, mencuci atau berperahu untuk mengkais rezeki.

“kita berharap dengan kemunculan buaya tersebut Pemerintah Kabupaten Madina akan segera mengambil tindakan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena sebelumnya sudah pernah ada korban yang meninggal di terkam buaya”.sebutnya

Sementara itu Camat Natal, Riflan saat dikonfirmasi melalui selulernya mengatakan sudah mengetahui informasi dari warga bahwa akhir-akhir ini memang buaya sering muncul.

“hampir setahun ini sudah kembali hadir di sungai Batang Natal, bukan hanya di Setia Karya, tapi kita juga mendapat laporan kemunculan buaya juga ada di Desa Pardamean Baru, Desa Lancat dan Sinunukan”.tegasnya

Terkait hal ini katanya, Pemerintah Kecamatan Natal sudah berkordinasi dengan BKSDA Padangsidimpuan namun mereka menjelaskan bahwa Sungai Batang Natal dan Sungai Batang Sinunukan serta Sungai Pardamean Baru merupakan habitatnya buaya.

Beliau juga menjelaskan bahwa pihak BKSDA meminta Pemerintahan Kecamatan agar melakukan sosialisasi serta pemasangan spanduk-spanduk di tempat-tempat kemunculan buaya seperti yang sudah dilakukan di Sungai Pardamean Baru.

“guna mengantisipasi terjadinya korban jiwa, Pemerintah Kecamatan Natal melalui Pemerintahan Desa setempat diminta BKSDA untuk mengimbau warga agar berhati-hati melakukan aktifitas dipinggir sungai yang terdapat habitat buayanya”.bebernya (Lubis)

 

Baca Berita Terbaru
Keterangan foto : Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution bersama rombongan dan masyarakat ketika meninjau
Labuhanbatu - H. Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT didampingi Ketua Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj.Rismanidar Andi Suhaimi
Berita Terkait :