Belanja Keuangan 2019 Akan Mencapai 88 Persen

oleh

PURWAKARTA, (HK) –

DIPREDIKSIserapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Purwakarta hingga akhir tahun (TA) 31 Desember 2019, akan mencapai 88 persen.

Pencapaian tersebut, merupakan angka maksimal mengingat tahun 2019, menyisakan dua hari agi sampai Selasa (31/12) yang akan datang.

Demikian dikaatakan, kepala BKAD Purwakarta, Nourman Nugraha , melalui Sekretaris, Acu Suhendar, didampingi dua Kabid lainnya.

“Kami menunggu berkas masuk dari OPD. Pencapaian serapan berdasarkan berkas yang masuk yang dijadikan berita acara (BA) dan itu akan kami proses sampai akhir tahun 2019, agar
terealisasikan secara maksimal.

Sekban mengatakan, hari ini kami berusaha maksimal dalam melaksanakan tata kelola keuangan. Maksimalnya serapan anggaran dikarenakan beberapa proyek pembangunan sudah dimulai pertengahan Nopemver dan sekarang sudah masuk dan ada yang sudah dibayarkan juga dalam dua hari ini jelang akhir tahun.

Berita Terkait :  Bupati Madina Salurkan Bantuan JKM BPJamsostek Ketenagakerjaan Perangkat Desa

Diakuinya kenapa serapan seakan lambat, karena OPD menyelesaikan proyek-proyek berkaitan dengan pembangunan infrastruktur yang baru selesai lelang dan mulai dilaksanakan. Maka, serapan berdasarkan BA masuk untuk penagihan yang diproses.

“Kami prediksi realisasi serapan APBD Kabupaten Purwakarta, sampai akhur tahun akan mencapai 88 persen. Jumlah ini dari total APBD untuk belanja senilai Rp 2,4 triliun. Dari total itu baru terserap sekitar 2 triliun lebih. Masih rendah sebetulnya. Karena tinggal satu atay dua hari lagi,” kata Acu, Kamis (26/12/) siang.

Menurut dia, diakhir bulan desember, serapan anggaran meningkat karena ada beberapa kegiatan dilaksanakan. Biasanya anggaran mulai meningkat dan terserap maksimal dibulan Desember.

“Pada bulan Desember pembayaran ke pihak ketiga sudah dicairkan seiring selesainya kontrak pengerjaan. Sekarang di Dinas Tata Ruang dan Permukiman sudah selesai pembangunan dan lagi proses beberapa berita acara pencairan. Dinas itu pekerjaannya pembanguan fisik, taman, bangunan.

Berita Terkait :  Buntut Aliran Sesat, Kades Rumbio Diberhentikan

Kemudian di Dinas Bina Marga, pembangunan jalan dan TPT .

“Ya, akhir tahun, bisa terserap, kalaubicara realisasi biasanya di angka 87-90 persen tiap tahun terealisasi, maka prediksi 88 persen pasti tercapai. Kalau 100 persen pasti tidak mungkin karena ada saja anggaran yang tidak terserap,” katanya.

“Alhamdulillah, sampai sekarang kita lancar dalam alur keuangan. Sementara ini tidak sampai menganggu cashflow dan semua terbayar tanoa ada hutang,” pungkasnya. (ABery)

Baca Berita Terbaru
Keterangan foto : Ketua KPU Madina, Fadhilla Syarief, SH bersama Kepala BPJamsostek Madina, Fachri Idris
DAIRI (HK) - Danramil 01/Sbl Kodim 0206/Dairi Kapten Arm Lisben Situmorang, S. Sos, Kades Pegagan