BBC Pertanyakan Fungsi Dinas Tenaga Kerja Purwakarta Terkait Perda Nomor 05/2013

oleh

Foto. Bagja Jaya Dilaga.

PURWAKARTA, HK – Buah Batu Corps Skills (BBC) Kabupaten Purwakarta pertanyakan fungsi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) berkaitan dengan Perda Nomor 05/2013 tentang Pemberdayaan dan Penempatan Tenagakerja Lokal.

Ketua BBC Skills, Bagja Jaya Dilaga, Minggu (02/11) kepada hariankriminal.com mengatakan, bahwa dalam
pasal 8, dinas teknis harus melakukan analisis, proyeksi dan informasi tentang pekerjaan sebagai dasar bagi dilakukanya pemberdayaan Tenagakerja Lokal (TKL )

Ironis, dilapangan para pencari kerja ternyata sangat sulit untuk mencari info lowongan kerja.

“Kami mempertanyakan berapa banyak perusahaan yang selalu memberikan informasi terhadap Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang lowongan Tenagakerja. Sedangkan di Perda Nomor 5 Tahun 2013, perusahaan diatas 100 orang wajib memberi informasi lowongan kerja terhadap dinas,” ungkap Bagja.

“Di Perda Nomor 5 Tahun 2013, kewajiban perusahaan dalam pasal 19 perusahaan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan terhadap TKL, yakni masyarakat yamg berdomisili disekitar perusahaan, apakah itu sudah dijalani oleh perusahaan, seharusnya dinas tenaga kerja bisa mengawasi,” tambah Bagja.

Dia menambahkan, mengacu kepada pasal 22, untuk menghindari timbulnya kecemburuan sosial pada masyarakat yang berdomisili di lokasi perusahaan, maka dapat menerima masyarakat tanpa keterampilan/keahlian khusus.

“Seperti tukang kebun, petugas kebersihan, penjaga malam. Selain itu juga, keterbukaan informasi lowongan kerja lebih gampang dan lebih cepat diterima oleh pencari kerja,” pungkas Bagja. (Ahmad Syah)

Baca Berita Terbaru
PALUTA (HK) - Program jambanisasi masih terus berlanjut, Babinsa Koramil 05/Padang Bolak Kodim 0212/Tapsel, Serka
SOSOPAN (HK) - Akibat curah hujan yang tinggi sejak malam hingga pagi, mengakibatkan longsor di