Antisipasi Arus Mudik dan Balik 2019,  Kapolres Matrius Cek Jalur Utama dan Alteri di Purwakarta

oleh

PURWAKARTA, JAWA BARAT – 

Jalur tol yang dulu dianggap akan menjadi solusi kemacetan setiap tahun dengan arus mudiknya, ternyata tidak. Pembangunan jalan tol suah terjadi dusetiap wilayah, namun macet tahunan arus mudik dan balik tetap menjadi momok yang menakutkan.

Iklan Lowongan Bergabung Jadi Penulis di hariankriminal.com

Kabupaten  Purwakarta, menjadi kunci arus mudik setiap tahunnya. Karena menjadi penyangga kota-kota besar, Jakarta, Bandung, Jawa bahkan lintas Sumatra.

Maka, tiak heran jauh sebelum arus mudik Kapilres Purwakarta, mengecek kediapan jalur utama arus mudik dan balik juga jalan-jalan alternatif.

Seperti dilakasanakan, Jum’at (17/5/2019)  sore sampai malam Kapolres Kabupaten Purwakarta, AKBP Matrius, melakaksanakan cek jalur Alteri dan jalur tol nengingat persiapan dalam rangka operasi ketupat dan rencana akan di berlakukannya one way dalam rangka pengamanan arus mudik dan arus balik

Dikatannya untuk melaksanakan cek,
rencana one way akan dilaksanakan tanggal 30 Mei hingga 31 Mei 2019, dan 1 Juni sampai  2 Juni 2019  dari arah Jakarta sampai ke Jawa ataupun arah Bandung dan sebaliknya dari (8-9/6) dari arah Jawa arah Badung menuju Jakarta tentunya melewari Karawang dan Purwakarta.

“Dari hasil pengecekan kami memang beberapa titik di arteri perlu penguatan dalam arti penguatan rekayasa lalu lintas untuk mencegah terjadinya pindahan arus saat terjadinya one way,” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, perlu penguatan arteri juga mengingat kendaraan besar yang mengangkut sembako, BBM serta bus penumpang yang hanya boleh melintas.

“Akan kami antisipasi mengingat pada saat itu kapasitas jalan tidak akan muat lagi dengan kapasitas kendaraan yang ada” katanya.

Dengan dibongkarnya gerbang tol Cikarang utama akan dipindahkan ke KM 70, Cikampek menuju arah Cipali kemudian KM 67.

“Gerbabg tol sekarang, memang perbatasan antara Karawang dan Purwakarta, namun dampaknya harus di antisipasi di wilayah Purwakarta,” kata Kapolres.

“Antisipasi harus mulai di rest area kendaraan tidak mengekor masuk ke dalam tol supaya tidak terjadi kemacetan,”  jelas Kapolres menutup pembicaraan. (Asyah/HK)