oleh

Air Sungai Kahayan Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

PALANGKARAYA (HK) – Akibat meluasnya sungai Kanaya Ratusan rumah terendah banjir, sehingga mengakibatkan aktivitas warga terganggu dan berdampak kepada perekonomian masyarakat, selain rumah warga air juga menggenangi badan jalan mengakibatkan terganggunya arus transportasi.

Warga terparah terkena banjir berada di RT 06 RW 04 kelurahan palangka Kecamatan Jekan Raya Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah, banjir akibat hujan yang terus menerus dalam beberapa hari ini, sehingga debit air naik dan masuk ke pemukiman warga.

Salah seorang warga Hair (35), Sabtu (03/04/2021) menuturkan bahwa debit air dari hari ke hari semakin tinggi akibat hujan masih terus menerus turun setiap harinya, sehingga masyarakat kwatir dengan kondisi seperti ini.

“Warga yang terkena banjir di sini sudah mencapai 200 am rumah warga, namun kita yakin belum semua yang terdata oleh pihak terkait terutama oleh BNPB Kota Palangkaraya, untuk itu kita berharap kepada pihak BNPB untuk dapat turun langsung ke lapangan melakukan pendataan sehingga tidak ada warga yang tidak terdaftar,” katanya.

Dilanjutkan Hair, dimana selain bahan sembako warga juga berharap adanya perahu karet ke lokasi banjir sehingga masyarakat dapat keluar ke lokasi yang lebih aman, karena kondisi sekarang ini air terus naik akibat hujan di daerah hulu sungai masih terus turun.

“Kemukinan air akan naik apa lagi didaerah luar kota Palangka khususnya jalur kurun atau gunung mas selalu mengalami hujan deras maka daerah ini akan cepat mendapat keriman air dari hulu korun,” terang Hari.

Ditambahkan Hair bahwa akibat air terus mengalami kenaikan sudah jelas akan mengakibatkan masyarakat tidak akan dapat beraktipitas, apalagi wilayah mendawai -1- yang terkenal dengan jalan anoi ujung dan Arut meriam dataran rendah.

“Apabila tidak secepatnya di atasi maka dikwatirkan masyarakat akan terjebak di tengah banjir kiriman tersebut dan akan mengakibatkan korban jiwa,” ahirinya.

Peliput : ABD Halim
Admin : Maradotang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed