oleh

7 Tahun Berturut-turut Darul Mursyid Berhasil Mengantarkan 100 % Peserta Didiknya Lolos PTN

TAPSEL (HK) – Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) yang beralamat di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, untuk tahun ini (2020) Alhamdulillah telah berhasil mengantarkan peserta didiknya lulus 100% di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan ini merupakan tahun ke-7 PDM berhasil mengantarkan 100% peserta didiknya lolos ke PTN di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari universitas yang ada di pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi dan lainnya. Demikian disampaikan Kepala Madrasah Aliyah (MA) Darul Mursyid Irmawan Mukmin, Kamis (27/08/2020).

“Alhamdulillah, target kami untuk meloloskan 100% peserta didik kami masuk PTN telah tercapai, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Data 100% masuk PTN di dukung setelah kami menerima pengumuman terakhir dari Universitas Negeri Padang pada 25 Agustus 2020 kemarin yang menyatakan dua orang peserta didik kami telah lolos di sana. Mukmin Juga menjelaskan rincian jalur masuk yang di tempuh peserta didiknya.

“Dari 80 orang peserta didik yang telah diterima di PTN yakni melalui Olimpiade Sains Nasional (OSN) sebanyak 1 orang, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 29 orang, Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) sebanyak 13 orang, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) sebanyak 10 orang, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) sebanyak 15 orang, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Padang (SPMB UNP) sebanyak 8 orang, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM PTN) sebanyak 1 orang, Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas dan Kejuaraan Sekolah Vokasi (PBUSMAK SV) sebanyak 2 orang dan melelui Ujian Masuk sebanyak 1 orang. Bahkan ada diantara mereka yang dinyatakan lulus pada beberapa universitas lanjutnya”.
Ia juga menyebut beberapa Universitas yang menjadi sasaran peserta didiknya tahun ini.

“Adapun PTN yang dimasuki peserta didik kami untuk tahun ini adalah Universitas Indonesia (UI), UPN Veteran Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor (IPB), Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Elektronika Media Kreatif Jakarta, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Lampung, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh, Universitas Islam Negeri Hasanuddin Banten, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Islam Syarif Kasim Riau, Universitas Islam Negeri Wali Songo Semarang, Universitas Syiah Kuala, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Malikussaleh, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Pertahanan Bogor, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara”.
Selain itu, Mukmin memaparkan bahwa jurusan yang diambil anak didiknya juga sangat bervariasi. seperti Program Studi (Prodi) Agribisnis, Teknik Informatika, Farmasi, Akuntansi, Desain Komunikasi Nasional di USM, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Univ. Islam Negeri Hasanuddin Banten, Prodi Hukum Pidana Islam di Univ. Islam Negeri Wali Songo Semarang, Prodi Kesehatan Masyarakat di Univ.Islam Negeri Alauddin Makassar, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di Univ.Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Prodi Fotografi di Politeknik Negeri Medan Kreatif Jakarta, Prodi Ilmu Administrasi Niaga di Univ.Sumatera Utara, Prodi Ilmu Ekonomi di Univ.Indonesi dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah, alumni kami sudah menyebar pada berbagai Universitas Negeri terbaik di berbagai daerah di Indonesia. Harapannnya kedepan, mereka inilah bagian dari penerus bangsa yang akan mampu bersaing dengan dunia internasional. Maka, tugas kami di PDM menyiapkan mereka dengan sebaik-baiknya sebagai kader calon intelektual muslim serta menjemput cita-cita mereka yang lebih gemilang. Mohon do’anya,” pungkas Mukmin.

Pada saat yang sama, Direktur PDM Drs.H.Yusri Lubis juga membenarkan bahwa mulai dari tahun 2014 hingga sekarang (2020) PDM telah berhasil mengantarkan 100% alumninya ke berbagai PTN yang ada di Indonesia. Bahkan, Yusri juga menerangkan kelulusan peserta didiknya ke PTN bisa dicapai atas kerja sama yang baik antara peserta didik dan Bapak/Ibu guru yang mengajar di PDM yang di dukung fasilitas lengkap juga strategi pendidikan yang dijalankan PDM. Selain target kelulusan 100%, PDM juga punya target PTN terpilih dan terbaik.

“Syukur alhamdulillah target untuk meloloskan peserta didik kami masuk PTN tahun ini telah tercapai. memprioritaskan PTN yang favorit dan diakui sepak terjangnya yang terbaik. Sehingga diharapkan kedepan alumni PDM menjadi pioner pemimpin dan penerus bangsa yang siap bersaing di dunia internasional,” ujar Yusri.

Selain fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar di PDM ini, kami juga menjalankan strategi sistem pendidikan, yakni Sistem Pendidikan Terpadu ( Pendidikan Selama 6 Tahun) artinya Darul Mursyid tidak menerima peserta didik pindahan dari sekolah lain, termasuk untuk Madrasah Aliyah, dengan kata lain Madrasah Aliyah Darul Mursyid berasal dari Madrasyah Tsanawiyah sendiri, sehingga lebih mudah bagi PDM untuk menggotong peserta didiknya ke PTN karena tidak adanya kontaminasi dari luar yang mempengaruhi semangat belajar dan contoh karakter buruk untuk peserta didik kami lanjutnya.”

Pada kesempatan yang lain Jafar Syahbuddin Ritonga yang menjabat Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) juga mengatakan bahwa PDM sekarang ini sudah berada dalam posisi yang tepat sebagai pesantren pencetak calon intelektual muslim. Dibuktikan dengan alumninya yang tersebar di berbagai Perguruan Tinggi favorit dan terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan menurutnya, sekarang ini PDM sedang menjajaki agar alumninya bisa kuliah di luar negeri yang secara khusus pada jurusan sains dan tekhnologi, mulai dari Malaysia, Singapura, Rusia, Amerika Serikat, Jerman dan negara-negara lainnya.

“Kami sedang menjajaki cara untuk mengantarkan anak didik kami diterima pada univeritas di luar negeri. kedepan ini juga menjadi target kami di PDM. Mohon do’a dari kita semua,” pungkas Jafar yang juga merupakan dosen pascasarjana di salah satu universitas swasta ternama di Medan. 

Penulis : Maradotang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed