oleh

Forkopimda Karawang Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam Banjir dan Longsor

 

KARAWANG/HK JABAR – Pjs Bupati Karawang, Yerry Yanuar bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Karawang menggelar apel kesiapsiagaan bencana alam.banjir dan longsor.

Apel digelar di Makodim 0604/Karawang, Rabu (14/10/2020) siang.

Dalam amanatnya, Pjs Bupati Karawang Yerry menekankan pentingnya kerjasama antar intitusi dalam menghadapi bencana banjir dan longsor di Karawang.

“Ketika terjadi bencana banjir, tidak mungkin dihadapkan sendirian, tidak mungkin hanya unsur Polisi, TNI atau Pemkab saja. Tapi tiga unsur ini harus bekerja bersama untuk menggalang seluruh kekuatan bersama masyarakat bahu-membahu menghadapi ancaman banjir,” kata Pjs.

Pjs mengingatkan pada tahun ini akan muncul fenomena la nina yang menandakan curah hujan terjadi lebih banyak, yang akhirnya menyebabkan banjir dan hujan lebat.

Ia mengatakan, TNI dan Polri serta Pemkab Karawang harus siap menghadapi bencana banjir di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Kita menyadari ukuran-ukuran volume air yang berpotensi menghasilkan banjir dan berpotensi mengganggu keselamatan warga. Karena itu kita harap seluruh jajaran dalam menghadapi potensi banjir ini siap siaga,” kata Pjs.

Ia menekankan bahwa penanganan korban banjir kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Menurut dia, proses evakuasi hingga pengungsian harus berpatokan pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Ini membutuhkan penanganan khusus karena perlu sadari sejak awal bahwa bukan saja fenomena banjirnya yang harus kita kendalikan sama-sama, tapi juga ketika kita mengendalikan dampaknya, kita harus memperhitungkan protokol kesehatan,” tandas dia. (Aep)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed