Puskesmas Kayu Laut Gelar Penggalangan Komitmen Lintas Sektor Menuju Akreditasi

oleh

PANYABUNGAN SELATAN – Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan Kesehatan masyarakat di Puskesmas menuju Akreditasi Puskesmas Kayu Laut, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tahun 2019. UPT Puskesmas Kayu Laut menggelar Penggalangan Komitmen bersama Lintas Sektor sebagai rangkaian kegiatan persiapan akreditasi tahun ini, Kamis (14/3/2019). Bertempat di Aula Kantor Camat Panyabungan Selatan Kabupaten Madina.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Madina dr. H. Syarifuddin Nasution, Camat Panyabungan Selatan yang diwakili Sekcam Ikhsanuddin Nasution, Kapolsek Panyabungan Selatan AKP Zulkarnain, SH, Babinsa Koramil 13/Panyabungan Selatan Serda Sopri, Kepala KUA Kecamatan, Humas PT. SMGP, Tokoh Masyarakat, Lurah dan Kades se-Kecamatan, Korwil Dinas Pendidikan, Kapus Kayu Laut dr. Muhammad Rizqi Nasution beserta Staf dan diikuti Bidan Desa serta Kader Puskesmas Kayu Laut.

Kepala UPT Puskesmas Kayu Laut dr. M. Rizqi Nasution menyampaikan, Terima kasih kepada semua yang sudah hadir dalam kegiatan penggalangan komitmen lintas sektor yang ada di wilayah Kecamatan Panyabungan Selatan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Puskesmas Kayu Laut juga memaparkan visi dan misi serta Tufoksi dari UPT Puskesmas di wilayah kerjanya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, mendapat dukungan dari lintas sektor, tentu dengan dukungan itu kita bisa lebih peningkatan mutu dan pelayanan di UPT Puskesmas Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan,” harap Kapus dr M Rizki Nasution.

Sementara di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Syarifuddin Nasution menuturkan, Tahun 2019 ini akan berakhir program Agreditasi Puskesmas, untuk itu dia mendorong agreditasi semua Puskesmas di Kabupaten Madina segera terlaksana.

“Alhamdulillah, sebanyak 14 Puskesmas di tahun 2018 sudah teragreditasi. Target agreditasi di tahun 2019 tinggal 12 Puskesmas,” jelas Kadis Kesehatan Pemkab Madina, Kamis (14/3/2019).

Dia pun berharap Puskesmas yang 12 tersebut bukan hanya mengikuti program agreditasi semata mendapatkan predikat agreditasi dasar. Namun, dipertegas Kadis Kesehatan, kita ingin predikat agreditasi itu minimal madya apalagi untuk Puskesmas Kayu Laut.

“Tidak teragreditasinya Puskesmas di sebuah daerah, kita tidak akan mungkin dapat memaksimalkan pelayanan, baik itu pasien yang memiliki pelayanan BPJS maupun Jamkesda tidak bisa dilayani di Puskesmas karena belum diakui standarisasinya. Masyarakat sekitar puskesmas tersebut yang rugi,” tegas Kadis Kesehatan Madina.

Masih kata dr Syarifuddin Nasution, ia menambahkan, untuk mencapai akreditasi salah satunya harus bisa miningkatkan akses pelayanan yang merata dari seluruh lapisan masyarakat, Lurah, Kepala Desa, Polsek, Koramil dan lain-lain harus bisa bersinergi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Harus ada kekompakan antar semua pihak lalu di Puskesmas itu ada apa saja. Tujuan akreditas ini salah satunya upaya meningkatkan mutu dan kwalitas kinerja Puskesmas kedepan,” pungkasnya.

Kegiatan yang dihadiri lintas sektoral ditingkat Kecamatan Panyabungan Selatan tersebut berlangsung penuh hikmah dan keakraban. Acara ditutup dengan penandatangan kesepakatan persiapan agreditasi Puskesmas Kayu Laut.

Sementara itu M. Amin Nasution, SH,MH.,Ketua LBH Al Amin Madina sangat mengapresasi kegiatan peningkatan mutu pelayanan yang digelar Puskesmas tersebut yang ada dibawah Koordinasi Dinas Kesehatan Pemkab Madina.

“Ini sebuah prestasi yang membanggakan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang baik ke masyarakat kita. Di bawah pimpinan Kadis Kesehatan dr. H. Syarifuddin Nasution dalam beberapa bulan di tahun 2018 lalu bisa menyelesaikan 14 Puskesmas teragreditasi sekaligus. Dinas Kesehatan kabupaten lain belum tentu bisa,” Ujar Amin Nasution yang juga Managing Partner Kantor Advokat/Penasehat Hukum M Amin Nasution & Partners, Jakarta ketika ditanyai, Kamis (14/3/2019) malam melalui Whatsappnya dari Jakarta.

Semoga 12 Puskesmas yang belum teragreditasi di tahun 2019 bisa kembali dijalani dengan baik.

Jurnalis: JN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *