Kapolda Kalteng Maja- Maja Kebangsaan di Huma Betang Bintang Patandu Katingan

oleh

Hariankriminal.com – Kapolda Kalteng Irjen Polisi Drs. Anang Revandoko bersama rombongan gelar Maja-Maja Kebangsaan di Huma Betang Bintang Patandu, Desa Tumbang Manggu, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, Kamis (25/04/2019) pukul 12.00 WIB.

Kegiatan Maja-Maja Kapolda Kalteng di ikuti oleh Irwasda, Dir Intelkam, Dir Sabhara, Kabid Humas, Kapolres Katingan, Waka Polres Katingan, PJU Polres Katingan, kelompok masyarakat Fordayak, Kapolsek Sanaman Mantikei, Camat Sanaman Mantikei dan staf serta para tokoh masyarakat dan tokoh adat Kecamatan Sanaman Mantikei.

Sebelum menggelar Maja-Maja Kebangsaan Kapolda Kalteng dan rombongan menyempatkan kunjungi PPK Sanaman Mantikei untuk cek situasi pelaksanaan pengamanan sidang pleno PPK.

Berita Terkait :  Kompol Mirzal : Pembagian Takjil Sebanyak 100 Paket dan Libatkan Bhayangkari.

Saat tiba di Huma Betang, Kapolda Kalteng, di sambut hangat dan meriah oleh masyarakat, pelajar dan para tokoh masyarakat maupun tokoh adat setempat.

Sebelum masuk ke Huma Betang Kapolda Kalteng juga disambut tarian dan tradisi adat Dayak Kalteng yaitu Potong Pantang sebagai ucapan selamat datang kepada tamu kehormatan.

Sebagai tradisi adat dayak Kalteng Kapolda dan rombonganpun juga di tapung tawar oleh Tetua Adat masyarakat Dayak.

Saat menyampaikan sambutan, Kapolda Kalteng Irjen Polisi Drs. Anang Revandoko mengatakan dalam kunjungan ini, sebagai suatu kehormatan karena masih bisa berkunjung ke aset cagar budaya Kalimantan Tengah yaitu Huma Betang, yang masih asli dan Kapolda Kalteng saat kunjungan juga memercikan api kecil yaitu api semangat kebangsaan yang diharapkan percikan api semangat kebangsaan ini bisa membesar dan membakar gelora persatuan dan kesatuan bangsa yang terbingkai dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Berita Terkait :  Inisiasi Ramadhan Berkah, Kapolres Katingan Kunjungi Tokoh-Tokoh Agama 

Huma Betang adalah salah satu simbol budaya dari Kalteng yang mencerminkan tentang kerukunan walaupun dalam satu rumah berbeda agama dan suku bukan penghalang, karena hidup rukun sudah mrmbudaya dari nenek moyang, hidup dengan rukun damai dan berkembang.

Di akhir sambutannya Kapolda Kalteng mengatakan dari Huma Betang kita bisa belajar tentang kebangsaan bagaimana menjaga persatuan dengan bertoleransi, bertenggang rasa, semoga niat baik bisa menjadi matahari yang terus membakar semangat Kebhinekaan dan Kebangsaan untuk lebih cinta terhadap tanah air Indonesia.

Berita Terkait :  Ungkap Berbagai Kasus, Polres Jakbar "Dihujani" Penghargaan

(vay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *